Ini loh perbedaan antara Trawler, Tronton, dan Headtruck!




    Dalam dunia perkapalan, tentu saja tidak hanya melulu berkaitan dengan kapal dan pelabuhan. Banyak aspek yang saling berintegritas dalam dunia perkapalan, yang dimana telah kita ketahui bahwa setiap jenis kapal memiliki jenis muatan yang berbeda, baik cargo umum, muatan curah, muatan gas, dan muatan yang dikemas dengan petikemas.

Petikemas? Yaps! atau biasa juga disebut dengan container, kedengaran tidak asing, kan?

Tentu saja dalam embarkasi dan debarkasi, memiliki alat (equpment) masing- masing di pelabuhan yang menyokong proses embakarsi dan debarkasi ini.

Nah gaes! Kali ini kita akan membahas salah satu alat yang menyokong proses ini di Terminal Petikemas, Yakni, Trawler, Tronton, dan Headtruck!

    Sampai saat ini, masih banyak orang yang masih keliru dan bertanya- bertanya, apa sih perbedaan antara ketiga alat ini, dikarenakan bentuknya hampir mirip- mirip, orang- orang cenderung menyapu rata panggilan kendaraan ini, istilahnya suka- suka dia lah mau menamain kendaraan ini, wkwk.

Baik, sebelum kita membahas kendaraan ini, Coba teman- teman perhatikan gambar di bawah ini yah!.

"Perhatikan yah!"




Gimana gaes?! udah di perhatikan? udah tahu perbedaannya belum? wkwk

Okelah, untuk membuat kepastian lagi coba teman- teman pehatikan lagi yah!


"Perhatikan yah!!"

Gimana nih, gaes? Udah tahu? wkwk

Oke deh, langsung saja!

    Seperti teman- teman lihat, dari ketiga gambar diatas mungkin terlihat hampir sama persis, saya juga awalnya tidak terlalu peduli dengan penamaan dari ketiga alat tersebut, saya cuma tahunya Headtruck, pokoknya kendaraan yang bermuatan container, atau yang digunakan sebagai alat bantu bongkar muat container adalah headtruck, wkwk

Jadi, saya sedikit bercerita...
Awal saya mengetahui perbedaan ketiga ini, ketika saya melakukan penelitian di salah satu Terminal Petikemas, salah satu supervisornya memberikan saya pertanyaan,

"apa perbedaan trawler, tronton, dan headtruck?" refleks saya kebingungan, karena baru mendengarnya, hal ini membuat saya sadar bahwa saya masih kurang belajar.

Terus beliau melanjutkan penjelasannya, mau tau penjelasannya apa?! Yuks Scroll ke bawah!


1.Trawler    : untuk trawler sendiri, ialah kendaraan atau truck yang memilki muatan  container yang berukuran 20ft, jadi ukurannya agak sedikit kecil ketimbang lainnya.

2. Tronton    : kendaraan atau truck yang dapat mengangkut muatan container 20 ft dan 40 ft, artinya apa? artinya adalah tronton ini ukurannya lebih panjang ketimbang trawler yang hanya bisa mengangkut muatan container ukuran 20ft.

3. Headtrcuk: Untuk penamaan headtruck, ini berlaku untuk kedua kendaraan sebelumnya, akan tetapi hanya berlaku dalam lingkungan terminal atau pelabuhan saja.

    Akan tetapi pada kenyataannya, penamaan ketiga kendaraan ini masih terkesan ambigu, jadi setiap orang yang menyebutnya masih sesuka hati mereka, yang mana mereka anggap lebih gampang disebut itulah menjadi sebutan ketiga kendaraan ini, biar tidak bingung saya kasih contoh yah. Misalnya, Saya lebih cenderung menyebut headtruck, tentu saja jika saya menyebut tronton dan trawler dengan sebutan headtruck itu tidak salah jika didalam lingkungan terminal, akan tetapi saya tetap menyebutnya demikian diluar lingkungan terminal hanya karena alasan lebih gampang disebutnya, wkwk,... jadi contohnya begitu yah gaes!

    Satu contoh lagi neh, misalnya Si A sering menyebut ketiga kendaraan ini dengan nama Trawler, jadi mau itu tronton, atau headtruck dia tetap menyebutnya trawler padahal dia sudah tahu nama dari ketiga kendaaraan ini, hanya dengan alasan lebih terbiasa dan gampang disebut. Dan tentu saja, hal itu tidak ada salahnya, tapi alangkah baiknya jika dibiasakan untuk menyebut namanya sesuatu jenis dan tempatnya, ya kan? wkwk

    Nah, gimana nih menurut teman- teman? masih bingung? atau udah sedikit tercerahkan, kalau teman- teman masih ada tambahan atau ada kekeliruan dari penulisan dalam blog saya, teman- teman bisa langsung komen dibawah yah!

Have a blessed day gaes!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"I Don't Believe in God, ANYMORE! Never!"

"Kuliah Jurusan Teknik Perkapalan? Kuliah Apa Sih, Itu?"

Yuk! Ketahui Bagaimana Kebaikan yang Merugikan