Tips : Agar Ikan Hias Tidak Stress Ketika Baru Beli



Haloo Guys!

Pasti diantara kita pernah beli ikan atau memelihara ikan, kan? pernah nggak ketika kalian baru beli ikan kok tiba- tiba ikannya biasa tidak berumur panjang, atau mati tiba- tiba gitu!

Banyak mungkin dari kalian yang bertanya- tanya mengapa bisa begitu, alasannya adalah ikan yang kita beli itu mengalami stress dan ini berbagai macam penyebabnya. Loh kok stres?! iya guys, jadi bukan hanya manusia aja yang bisa stress tapi ikan juga, lebih tepatnya sih semua hewan juga. Maka dari itu, saya punya beberapa tips untuk kalian guys! okay! let's get start it!

1. Ketika baru dibeli, diamkan ikan semalaman dalam kantongnya

Nah, tips pertama ketika baru beli ikan kan biasanya kalian akan langsung memasukkan ikan tersebut ke dalam wadah atau aquariumnya. Nah, saya saran jangan langsung demikian guys. Karena ketika perjalanan pulang ke rumah barunya ikan- ikan tadi mengalami guncangan dari kendaraan yang kalian kendari, sehingga ikan- ikan yang dalam kantongan itu bisa merasa pusing dan kebingungan layaknya anak hilang atau di culik guys, jadi setelah sampai rumah baiknya kalian diamkan dulu semalaman atau minimal 5 jam- an untuk mengembalikan kondisi airnya jadi, ikan kita bisa stabil lagi.




2. Jangan Langsung memasukkan ikan kedalam wadahnya

Jadi setelah tips pertama, kalian jangan langsung memasukkan ikan ke dalam wadahnya yah guys! pastikan dulu kandungan air mengendap di dasar wadah. Jadi, Sebelum kalian beli ikan sebaiknya kalian mengisi wadahnya terlebih dahulu dengan air dan diamkan agar kandungan airnya mengendap di dasar air, yang saya maksudkan disini adalah jika kalian menggunakan air PDAM. Untuk air sumur atau sungai juga berlaku guys yah, agar airnya lebih jernih karena kotoran atau kandungannya mengendap di dasar wadah.



Terus gimana dong, kali wadahnya sudah dihuni oleh ikan lain? untuk kalian bisa memasukkan kantong ikan tadi ke dalam wadahnya. Ibaratnya agar ikan baru dan ikan yang sudah lama itu bisa saling sapa dan membiasakan diri satu sama lain agar tidak mengganggu satu sama lain, kalau saya pribadi sih, biasanya saya diamkan 5-7 jam sebelum saya satukan dengan ikan lainnya.

(Si Goldi lagi menyapa teman hitamnya, :D)






3. Masukkan ikan pada wadahnya

Nah, ini mungkin momen paling kalian tunggu, :D
setelah ikan kita merasa baik- baik saja, berarti ikan kita sudah siap menghuni rumah barunya dan beretemu teman- teman barunya. oh iya  guys! biasanya setelah memasukkan ikan ke wadahnya saya memasukkan carian biru ke wadah atau air rebusan daun ketapang sebagai obat untuk ikan agar ikan tidak gampang sakit atau kena bakteri karena wadah barunya




Nah, itulah guys tips yang bisa saya bagi untuk kalian! Jadi silahkan mencoba di rumah, kalau saya pribadi cara ini sangat ampuh dan sudah saya praktikkan dari tahun 2006 loh, waktu dari jaman SD, :d



Have a blessed day guys! :D



Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kuliah Jurusan Teknik Perkapalan? Kuliah Apa Sih, Itu?"

Yuk! Ketahui Bagaimana Kebaikan yang Merugikan