Review Buku : Agama Kopi


Halo Temang-temang!

Kali ini saya ingin mereview buku yang berjudul "Agama Kopi" nih!

Pasti terbesit pertanyaan dalam benak temang- temang, "Loh kok agama kopi?", "apa ini aliran agama baru?", penasaran kan?! :D

Well, buku agama kopi ini merupakana tulisan dari Andi Sumangelipu yang merupakan seorang kelahiran dari kabupaten sengkang, sulawesi selatan. Beliau juga merupakan pimpinan redaksi dari Majalah MATOWA. Saya sempat bertemu beliau waktu mengadakan bedah buku di Pesantren IMMIM Putra pada tahun 2017, dan beliau menandatangi buku saya. hehe.... Oh iya, beliau juga se-almamater dengan saya beliau alumni tahun 1997.

Pemikiran beliau curahkan dalam buku ini, dimana buku ini memiliki bahasa yang mudah dimengerti dan yang luar biasa dari buku ini ialah penganalogi-an yang keren. Agama Kopi sendiri adalah hasil penganalogian dari setiap agama yang ada di permukaan bumi ini, baik itu islam, kristen, hindhu, maupun buddha. Mengapa harus kopi? apa kaitan kopi dan agama? Penulis mengumpamakan sebuah agama memiliki kemiripan dengan selera minuman. yang dimana saya tidak bisa kasih spoiler yah! :p

Analogi demi analogi luar biasa dapat kita temukan dalam buku ini yang menandakan penulis memiliki wawasan yang luas yang tentu saja dibantu oleh referensi- referensinya. Dan dari penganalogian penulis ini juga membuat hal yang berhubungan dengan agama yang tadinya rumit menjadi lebih mudah untuk dipahami pembaca sehingga dapat menepis kekeliruan pemahaman para pembaca tentang agama, termasuk saya yah,...

Buku ini juga memiliki ukuran yang minimalis sekitar 18 x 11 cm yang dimana mudah untuk dibawa- bawa dan tentunya tidak membuat tas temang- temang berat dong, sehingga bisa dibaca dimana saja ketika temang-temang lagi kosong. hehe...

Dari beberapa bab pada buku ini juga penulis menceritakan pengalaman- pengalaman pribadi penulis yang akan membuat temang- temang benar- benar terhubung dengan penulis. Dan jika ditanya cerita favorit saya dari buku ini adalah kisah penulis dengan Bapak Haji ALI. Penasaran dengan cerita itu? ayok temang- temang silahkan baca bukunya gih! hehe...

Buku Agama Kopi ini juga memberikan gambaran tentang kondisi masyarakat beragama yang ada di indonesia, dimana seperti dewasa ini banyak pertikaian yang terjadi karena agama. Konflik agama yang terjadi di beberapa daerah indonesia tidak jarang menimbulkan korban jiwa.


Dan buku ini juga dilengkapi oleh beberapa ilustrasi- ilustrasi yang lucu,.. jadi ketika temang- temang membacanya tidak jenuh dengan tulisan- tulisan. Kan karena biasanya orang- orang berdalih malas membaca buku karena penat, jenuh, ngantuk melihat tulisan- tulisan yang panjang dan rapat- rapat.

Oh iya temang- temang, jika temang- temang berpikir kalau buku ini bacaan yang berat tenang saja, kelihaian penulis itu dapat membangun kasus pada buku ini secara bertahap sehingga temang- temang dapat memproses ilmu itu dengan baik, dan semakin kebelakang itu makin berat karena telah berkaitan dengan ketuhanan. Akan tetapi jika temang- temang membaca dari awal seharusnya tidak ada masalah sih, hehe...

Oh iya temang- temang saya mau kasih spoiler salah satu bab pada buku Agama Kopi ini, :P

Pada bab ini tertulis "Tuhan Tidak Abadi" dan ada ayat penjelas QS. Al Furqaan :58. Jika melihat kedua tulisan ini ada keganjilan kan? satu mengatakan tuhan tidak abadi, satu mengatakan tuhan itu kekal (tidak mati) so, what u think temang- temang? hahaha,...

Penasaran? Yuk langsung baca aja bukunya yah!

Saya sangat merekomendasikan Buku ini! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Kuliah Jurusan Teknik Perkapalan? Kuliah Apa Sih, Itu?"

Yuk! Ketahui Bagaimana Kebaikan yang Merugikan